Primary Coder: Interactive Animation with Scratch

Pengumpulan Proyek

Pengumpulan proyek dapat dilakukan melalui Form dari link berikut ini:

https:bit.ly/NCCPoCCPRIMARY

 

 

 

Informasi Lomba:

Peserta: Tim (1 Tim terdiri atas 2 siswa)
Jenjang Peserta: Kelas 5 dan Kelas 6.

Bentuk Lomba:
Peserta harus mengembangkan proyek animasi interaktif menggunakan Scratch yang mengintegrasikan minimal 2 dan maksimal 3 karakter dari daftar berikut: Courage, Kindness, Teamwork, Forgiveness, Honesty, Gratitude, Hope, Self-Regulation.
Cerita harus mencakup contoh pelaksanaan karakter yang dipilih serta penjelasan tentang makna dari karakter tersebut.

 

Pengumpulan proyek: Siswa hanya dapat mengumpulkan 1 proyek terbaik.

Peraturan Lomba:

  • Proyek harus berupa animasi interaktif dengan elemen cerita yang jelas.
    Proyek harus memiliki fitur interaksi dengan pengguna dalam hal ini pengguna dapat menentukan pilihan sehingga pengguna berperan serta dalam alur cerita.
  • Proyek harus disertai dengan suara(efek suara ada/atau musik latar) yang relevan dan mendukung cerita.
  • Animasi dan visual harus mendukung cerita dan terlihat menarik (Karakter boleh menggunakan yang panitia sediakan).

Pengumpulan Proyek:

  • Pengumpulan proyek paling lambat dikumpulkan pada tanggal 30 November 2024, selambat-lambatnya pukul 18.00 WIB.
  • Proyek  dikumpulkan dalam bentuk link atau file Scratch (format .sb3) melalui platform yang telah ditentukan oleh panitia sebelum batas waktu yang ditentukan (30 November 2024).

 

Penilaian

Tahap 1 :
Peserta mengumpulkan proyek yang sudah dikerjakan dan video penjelasan proyek, Penilaian oleh juri, Jika Lolos, lanjut ke Tahap 2.

    • Dalam pembuatan presentasi video Anda, mohon sertakan foto yang jelas dan proper dari seluruh anggota
      kelompok.
    • Dalam membuat video siswa majib menampilkan wajah saat menjelaskan dan menggunakan seragam yang rapi

Tahap 2:
Peserta menjelaskan secara singkat coding yang dibuat dan menjawab pertanyaan Juri.

    • Penilaian akan didasarkan pada rubrik yang mencakup kreativitas cerita, integrasi tema, interaktivitas, penggunaan kode, animasi, visual, penggunaan suara, inovasi, dan solusi. Setiap proyek akan dinilai oleh juri yang kompeten berdasarkan skala penilaian 1 hingga 5 untuk setiap kriteria. Keputusan juri bersifat final dan tidak dapat diganggu gugat.
    • Tim yang masuk ke final berjumlah 10 tim, dengan nilai yang dicapai minimal 75/100.

 

Penghargaan

Penepatan pemenang berdasarkan nilai tertinggi. Terdapat 3 pemenang, Juara 1, Juara 2 dan Juara 3 yang akan mendapatkan hadiah berupa uang pembinaan.

Juara 1 : Rp. 1.250.000,00/Tim
Juara 2 : Rp. 750.000,00/Tim
Juara 3 : Rp. 500.000,00/Tim

Segala keputusan Juri bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.

 

Tanggal Penting:

14 – 30 Oktober 2024 : Pendaftaran Peserta.
2 November 2024 : Webinar dan Technical Meeting (Peserta Wajib Hadir).
30 November 2024 :  Batas Akhir Pengumpulan Proyek dan Video.
6 Desember 2024 : Pengumuman Hasil Tahap 1.
10 Desember 2024 : Tahap 2: Presentasi dan Tanya Jawab.
13 Desember 2024 : Pengumuman Pemenang.

 

Peraturan Tambahan:

Panitia berhak untuk mempublikasikan proyek peserta dengan menyebutkan nama peserta sebagai bagian dari dokumentasi lomba.

Jika ditemukan adanya kecurangan atau plagiat, peserta akan didiskualifikasi dari lomba.

Jika ada informasi yang kurang jelas, silahkan hubungi tim kami:

back