Email Group

Electronic Mail (email) atau surat elektronik (surel) sudah menjadi alat komunikasi wajib saat ini, bahkan email sudah mengantikan layanan surat menyurat manual. Dengan email surat menyurat menjadi sangat mudah bahkan dalam hitungan detik kita sudah bisa mendapat respon dari orang lain.

Namun di tengah kemudahan ini ada saja kesulitan yang biasa terjadi, misalnya jika kita mau mengirimkan sebuah email kebanyak orang, kita akan direpotkan karena harus mengisi alamat email satu persatu. Mungkin tidak akan terasa jika hanya sesekali saja, tapi bagaimana jika hal ini adalah hal yang rutin dilakukan, tentu ini akan sangat merepotkan. Contohnya jika kita dalam lingkungan sekolah dengan jaringan yang luas dan memiliki tingkatan jenjang pendidikan yang lengkap, tentunya akan ada banyak koordinasi yang dilakukan. Bayangkan ketika setiap kali pimpinan mengirimkan email ke banyak guru/karyawan dan harus mengisi alamat emailnya satu persatu setiap kali mengirim email. Dengan fitur email group kesulitan tersebut tidak terjadi lagi, pimpinan tinggal mengirim email ke satu alamat saja, dan semua orang yang terdaftar dalam grup email tersebut akan menerima email-nya.

Berikut adalah langkah-langkah membuat grup email.

1. Login ke Google Group


2. Di pojok kiri atas, klik Create Group


3. Masukkan informasi tentang grup yang mau dibuat.
1. Masukan grup yang diinginkan
2. Masukan alamat email yang digunakan untuk grup, alamat ini yang akan digunakan untuk mengirim email ke grup
3. Jika ada lebih dari satu domain yang ditampilkan, pilih domain yang sesuai.
4. Masukan deskripsi grup, tujuan atau cara grup digunakan

4. Setelan Privasi
Who can join group (siapa saja yang dapat bergabung) bisa dipilih 
Hanya pengguna yang diundang, 
Siapa saja yang ada dalam organisasi dapat meminta, 
Siapa saja yang ada dalam organisasi dapat bergabung, 
Siapa saja dapat meminta, 
Siapa saja dapat bergabung
Pilihan selanjutnya dapat disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing.


5. Selanjutnya menambahkan member
1. Masukan alamat email orang yang mau didaftarkan ke dalam grup
2. Bisa diisi dengan pesan undangan
3. Ketika diaktifkan, email undangan akan dikirim ke email member yang mau diundang, ketika tidak diaktifkan, member akan langsung didaftarkan ke grup
4. Create Group akan langsung membuat grup sesuai dengan setelan yang dibuat


Tunggu beberapa menit hingga grup baru aktif sebelum mengirim pesan ke grup tersebut. Jika tidak, Anda dapat menerima pemberitahuan bahwa pesan tidak dapat dikirim.
Untuk melihat grup yang sudah dibuat bisa klik nama grup tersebut


Management member yang terdaftar bisa dilakukan di pilihan menu People dalam grup tersebut, disini bisa mengubah member role, ijin posting dan banned member


Sumber:
Google Groups Help
Artikel Lain