Electronic Mail (email) atau surat elektronik (surel) sudah menjadi alat komunikasi wajib saat ini, bahkan email sudah mengantikan layanan surat menyurat manual. Dengan email surat menyurat menjadi sangat mudah bahkan dalam hitungan detik kita sudah bisa mendapat respon dari orang lain.
Namun di tengah kemudahan ini ada saja kesulitan yang biasa terjadi, misalnya jika kita mau mengirimkan sebuah email kebanyak orang, kita akan direpotkan karena harus mengisi alamat email satu persatu. Mungkin tidak akan terasa jika hanya sesekali saja, tapi bagaimana jika hal ini adalah hal yang rutin dilakukan, tentu ini akan sangat merepotkan. Contohnya jika kita dalam lingkungan sekolah dengan jaringan yang luas dan memiliki tingkatan jenjang pendidikan yang lengkap, tentunya akan ada banyak koordinasi yang dilakukan. Bayangkan ketika setiap kali pimpinan mengirimkan email ke banyak guru/karyawan dan harus mengisi alamat emailnya satu persatu setiap kali mengirim email. Dengan fitur email group kesulitan tersebut tidak terjadi lagi, pimpinan tinggal mengirim email ke satu alamat saja, dan semua orang yang terdaftar dalam grup email tersebut akan menerima email-nya.
Berikut adalah langkah-langkah membuat grup email.
1. Login ke Google Group
2. Di pojok kiri atas, klik Create Group
3. Masukkan informasi tentang grup yang mau dibuat.
1. Masukan grup yang diinginkan
2. Masukan alamat email yang digunakan untuk grup, alamat ini yang akan digunakan untuk mengirim email ke grup
3. Jika ada lebih dari satu domain yang ditampilkan, pilih domain yang sesuai.
4. Masukan deskripsi grup, tujuan atau cara grup digunakan
