Pendidikan positif (Positive Education) yang terutama dan pertama adalah secara aktif melihat sisi baik setiap siswa dan berfokus pada kekuatan/kelebihan dan kesuksesan mereka. Kita perlu memperbaiki kesalahan dan membantu mengatasi masalah, namun setiap orang berhak dilihat kelebihannya, bukan kelemahannya. Khususnya anak anak dan remaja yang menghadapi banyak tantangan belajar perlu merasakan kesuksesan.

Sekolah Citra Kasih, Sekolah Citra Berkat, dan Sekolah Ciputra Kasih (SCK SCB) mengembangkan pendidikan positif dan mengadopsi dari Kurikulum Finlandia. Guru diperlengkapi untuk menciptakan peluang sukses, mengembangkan bervariasi kegiatan untuk mengembangkan kekuatan/kelebihan, dan membangun situasi di mana ada peluang sukses. Pujian yang tulus akan mengangkat semangat setiap siswa dan mengirimkan pesan bahwa mereka berada di jalur yang benar. Ada 3 program yang dikembangkan dan menjadi perhatian di seluruh SCK SCB sebagai sarana pengimplementasian Positive Education, yaitu:

Self Development Challenge (SDC) dari Nursery (KB) sampai Senior High (SMA) yang melatih setiap siswa memiliki goals dan membuat strategi perencanaan untuk mencapai goals mereka. SDC membantu siswa mengembangkan dirinya sendiri dalam hal karakter, akademik, keterampilan hidup, dan talenta

Positive Pals (PPals) adalah suatu komunitas kecil dari peserta didik yang dibimbing seorang guru pendamping dan dilakukan secara rutin guna mengembangkan karakter positif siswa. Memberikan sarana setiap siswa memiliki teman dekat (Pals) yang positif, membangun dan menguatkan sehingga bisa bertumbuh bersama dalam karakter dan minat bakatnya.

Teaching and Learning Activity (KBM) dimana setiap guru mengadopsi dari Kurikulum Finlandia dengan mengembangkan Positive Education melalui setiap pembelajaran yang terjadi dalam maupun di luar kelas dengan berfokus kepada kekuatan/kelebihan dan kesuksesan setiap anak.

Self Development Challenge (SDC) dari Nursery (KB) sampai Senior High (SMA) yang melatih setiap siswa memiliki goals dan membuat strategi perencanaan untuk mencapai goals mereka. SDC membantu siswa mengembangkan dirinya sendiri dalam hal karakter, akademik, keterampilan hidup, dan talenta

Positive Pals (PPals) adalah suatu komunitas kecil dari peserta didik yang dibimbing seorang guru pendamping dan dilakukan secara rutin guna mengembangkan karakter positif siswa. Memberikan sarana setiap siswa memiliki teman dekat (Pals) yang positif, membangun dan menguatkan sehingga bisa bertumbuh bersama dalam karakter dan minat bakatnya.

Teaching and Learning Activity (KBM) dimana setiap guru mengadopsi dari Kurikulum Finlandia dengan mengembangkan Positive Education melalui setiap pembelajaran yang terjadi dalam maupun di luar kelas dengan berfokus kepada kekuatan/kelebihan dan kesuksesan setiap anak.

Kita harus memperhatikan hal hal yang baik pada setiap orang karena umpan balik yang bersifat korektif bergema lebih lama daripada pujian. Kadang-kadang perayaan kecil diperlukan untuk menghargai bagaimana setiap siswa membuat langkah langkah kecil dalam kemajuan mereka. Slogan kami “Happy Kids Learn best”.