Jl. D.I. Panjaitan Komplek Ruko I Walk CP 01, CitraLand City - Samarinda - 75118
T: (0541) 4100392

BACK TO Featured

LOTC (LEARNING OUTSIDE THE CLASS)

Rabu, 8 Februari 2017 siswa-siswi kelas 2 Sekolah Citra Kasih Samarinda melakukan kegiatan outing ke UPTD P3UKM (Unit Pelaksana Teknis Daerah Pusat Pendampingan Pengusaha Usaha Kecil Menengah) Samarinda. Kunjungan belajar kali ini dalam rangka pembelajaran Seni Budaya dan Keterampilan (SBK) atau Art mengenai kerajinan 3 dimensi. Para siswa diajak untuk melihat-lihat karya-karya 3D yang dibuat di UPTD P3UKM dengan menggunakan bahan yang berasal dari kearifan lokal. Para siswa mendapat kesempatan untuk melihat langsung proses pembuatan kerajinan rotan dan mencoba cara menganyam dengan media rotan.
 
Para siswa sangat antusias mengikuti kegiatan ini karena mereka melihat banyak sekali mesin-mesin besar yang sebelumnya belum pernah mereka lihat. Mereka juga takjub melihat bagaimana suatu benda bermula dari bahan mentah yang kemudian diolah menjadi barang yang bernilai jual tinggi. Bukan saja rotan mereka juga melihat bagimana kemasan dibuat. Para siswa mengamati bagaimana cara membuat label, pembungkus makanan dan demo mengenai teknik sablon pada kemasan.

Selanjutnya siswa menuju workshop keramik. Para siswa melihat bagaiman proses pembuatan keramik berbahan dasar tanah liat. Staf yang ahli dan telaten mendemonstrasikan dengan penuh kesabaran bagaimana prosedur yang benar dalam mengeloh sebuah tanah liat sampai bentuk keramik yang siap dicetak. Pihak UPTD P3UKM juga memberikan kesempatan bagi para siswa untuk mencoba sendiri tahap demi tahap proses pembuatan keramik.

Setelah melihat, memahami, dan mempraktekkan langsung, para siswa berkesempatan untuk mengecat keramik yang sudah jadi dengan cat khusus keramik yang ramah lingkungan dan hasilnya boleh dibawa pulang.

Para siswa antusias memberikan pertanyaan dan dengan senang hati dijawab oleh pihak UPTD. Acara ini selain menambah wawasan siswa tentang bermacam-macam kerajinan 3D yang ada di Samarinda, juga menjadi inspirasi bagi para siswa.

Salah satu hal yang tidak kalah penting adalah selama kegiatan ini beberapa orang tua murid kelas 2 ikut hadir dan menyediakan transportasi bagi para siswa. SCK Samarinda bukan hanya memiliki anak-anak yang senang belajar dan berkarya tetapi juga mempunyai orang tua murid yang sangat mendukung dan perhatian terhadap program-program sekolah.

       

Galeri foto klik disini