Jl. D.I. Panjaitan Komplek Ruko I Walk CP 01, CitraLand City - Samarinda - 75118
T: (0541) 4100392

BACK TO Featured

Color and Science Lesson

NURSERY

Hei…! Kali ini kegiatan ESA di Playgroup SCK Samarinda masih mengangkat tema tentang “Color”. Apa itu ESA? ESA adalah singkatan dari beberapa aktifitas pembelajaran yang dilakukan dalam 1 (satu) kegiatan, yaitu English – Science – Art.
zimage3367 zimage3400 zimage3389
zimage3433a Kegiatan ini berbeda dengan kegiatan ESA di tema yang sebelumnya. Siswa-siswi Playgroup A dan Playgroud B diajarkan cara mewarna dengan teknik men-cap, seperti stempel. Para guru-guru menjelaskan terlebih dahulu cara-cara mewarnai tersebut dengan bahasa Inggris dan hebatnya para siswa dapat mengerti instruksi-instruksi yang diberikan.

Pada kegiatan Science lesson kegiatannya adalah memadukan warna-warna primer dan kemudian menjadi warna-warna sekunder. Siswa juga belajar untuk mengenali fungsi Cotton Bud yang penggunaannya dapat dijadikan sebagai kuas sederhana.

zimage3411a
zimage3455 Art point, pada kegiatan ini konsep pembelajarannya adalah siswa diajarkan dan diarahkan cara mewarna dengan estetika yang secara sederhana.

Melalui setiap kegiatan ESA pada masing-masing tingkat kelas, siswa dapat selalu mendapat pengetahuan baru yang dapat dipelajari tentang pelajaran English, Science, dan Art yang sekaligus juga dapat melatih kemampuan motorik halus mereka.

Kegiatan ESA ini akan menjadi rutinitas dan berkelanjutan di tingkat kelas para siswa berikutnya di SCK Samarinda

zimage3378

c

c

KINDERGATERN

Pada hari yang sama juga berlangsung kegiatan ESA untuk jenjang Kindy atau TK. Kali ini mereka belajar mengenai simulasi gunung berapi, penjelasan diberikan dengan menggunakan bahasa pengantar bahasa Inggris.

Mereka diajarkan cara membuat gunung berapi dari playdough. Dan playdough atau plastisin yang digunakan itu adalah buatan siswa-siswi sendiri loh. Hebat kan?!

zimage3474
zimage3507 zimage3510
Mereka membuat plastisin dari campuran tepung, minyak dan pewarna makanan. Kemudian plastisin yang sudah jadi digunakan untuk membuat bentuk gunung dengan di dalam bentuk gunung yang dibuat, didadalamnya ada botol yang sudah diisi soda kue dan batu-batu kecil. Lalu di wadah yang terpisah diisi cuka, sabun dan pewarna menjadi 1 (satu) larutan.
zimage3590 Lalu di wadah yang terpisah diisi cuka, sabun dan pewarna menjadi 1 (satu) larutan. Setelah gunung dan larutannya selesai dibuat, kemudian larutan dimasukan kedalam gunung dan terjadilah sebuah simulasi gunung meletus. Para siswa bersorak gembira dan takjub melihat eksperimen tersebut.

zimage3599       zimage3600


c

c